Kamis, 19 Maret 2015

5 Hal Yang Mempengaruhi Bounce Rate Suatu Blog


Okeh sobat Blogger kita bahas lagi tentang Bounce Rate. Bagi yang belum tau Apa itu Bounce Rate ? Silahkan baca pada postingan Bounce Rate  Pada Blog sebagai gambaran buat Anda tentang Bounce Rate.
Apa saja sih  yang mempengaruhi Bounce Rate pada suatu blog ?

Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi tinggi rendahnya Bounce Rate pada suatu blog, antara lain ;

1)      Kecepatan Loading Halaman Blog
Semakin cepat loading suatu blog, maka semakin besar peluang untuk mencegah pembatalan pembaja terhadap kunjungannya. Sehingga semakin cepat loading suatu blog semakin kecil Bounce Rate yang dihasilkan. Anda juga bisa membaca Cara Mengetahui Kecepatan Laman Blog. Untuk itu, gunakanlah widget seperlunya agar laman pada blog akan terasa ringan dan loadingnya cepat.
2)    Tata Letak Template
Blog yang mempunyai tata letak yang buruk (rumit) akan membuat pengunjung malas untuk mejelajah isi blog kemudian mereka akan cenderung untuk meninggalkan blog Anda.
3)  Isi Konten
Ini dia yang paling penting, pada dasarnya pengunjung akan betah berlama-lama menjelajah isi blog apabila mereka menemukan informasi yang menarik dan dibutuhkan bagi dirinya. Oleh karena itu, jagalah kualitas dari konten yang kita publikasikan. Baca juga Ciri Konten Blog Yang Berkualitas.
4)    Internal Linking
Internal Linking adalah link sisipan pada suatu konten yang mengarah pada suatu halaman atau konten lain namun masih dalam satu blog itu sendiri. Semakin banyak internal linking pada suatu blog, maka dapat dipastikan Bounce Rate yang dihasilkan akan semakin kecil. Hal ini dikarenakan pembaca diberikan kemudahan untuk membuka halaman lain dalam blog tersebut. Sebagai saran, buatlah konten yang saling berkaitan. Contoh, pengunjung sedang membaca konten blog Anda yang berjudul "Cara Menjaga Motor Anda Tetap Prima". Nah pada postingan itu sisipkan link yang mengarah pada konten lain yang berkaitan, misal "Ciri Motor Yang Prima". Anda juga dapat memanfaatkan fitur related post, recent post, dan popular post untuk membangun beberapa internal linking.
5)   Eksternal Linking
Nah ada Internal ada juga donk Ekternal ? Yaaps Internal Linking adalah link sisipan pada suatu konten yang mengarah pada suatu halaman atau konten lain namun tidak dalam satu blog itu sendiri. Internal Linking akan membawa kita pada website lain. Biasanya internal linking terdapat pada gambar, link sponsor dan atau iklan. Semakin banyak Eksternal Linking, maka semakin besar juga Bounce Rate yang bisa dihasilkan atau bisa dikatakan semakin buruk pula kinerja blog kita.

Bounce Rate ini juga dapat dijadikan sebagai indikator kinerja blog kita. Namun kenyataannya sebagian Blogger mengabaikan tentang adanya Bounce Rate.

Semoga bermanfaat, salam Blogger


EmoticonEmoticon